Langsung ke konten utama

Konversi Energi

Pada pembahasan yang lalu kita sudah membahas tentang Energi dan jenis nya, dan pada kesempatan ini kita akan membaentang apa yang dimaksud dengan konversi energi.
Jika kita berbicara mengenai pengertian konversi energi, kita harus paham terlebih dahulu apa itu energi dan apa itu konversi. Konversi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah peralihan fungsi. Hal ini yang mendasari bahwa konversi energi adalah peralihan manfaat energi satu ke energi yang lainya. Dalam hal ini konversi akan melibatkan beberapa peran energi untuk menghasilkan satu energi lain nya peristiwa peralihan ini biasa disebut dengan konversi energi.

Untuk lebih memudahkan dalam memahami coba perhatikan gambar berikut ini:


Figure 1. Skema pengoperasian PLTU
Skema perjalanan pengoperasian PLTU dimulai dari bahan bakar

Bahan bakar ===> Pembakaran dalam boiler ===> Panas

Dalam proses ini terjadi peralihan fungsi atau perubahan wujud energi dari yaitu dari "Energi kimia" menjadi "Energi panas" ini proses pertama.

Setelah itu panas yang dihasilkan akan memindahkan/transfer energi panasnya kepada air yang sudah dialirkan melalui penghantar berupa pipa-pipa yang terbuat dari besi. Dalam proses ini energi panas yang diterima air mengkibatkan air mengalami penguapan dengan tekanan yang cukup besar tekanan uap ini akan di"konversikan" lagi menjadi energi gerak (mekanik)

Panas  ===> Tekanan uap panas menekan turbin ===> Turbin bergerak

Dan proses terakhir yang dialami oleh PLTU adalah proses dimana hasil akhir dari konversi energi diatas adalah Energi "Listrik" yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat

Mekanik ===> Memutar generator ===> Energi listrik

Demikian siklus yang dilakukan energi yang tidak akan berhenti dan terus berulang, dari energi listrik akan mengalami konversi menjadi beberapa energi yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat.

Namun dalam perkembangan nya issue konversi energi adalah salah satu issue global yang sangat sering dibicarakan. Penggunaan energi fosil yang semakin tidak terkontrol terutama di indonesia. Karena jumlah nya yang semakin terbatas bahkan dapat dikategorikan "Habis" karena exploitasi oleh manusia ditambah pembakaran energi fosil mengakibatkan dampak lingkungan yang buruk, sehingga beberapa lembaga lingkungan hidup berusaha menggalakan kampanye hemat energi dan konversi energi yang harus dilakukan demi menjaga kestabilan kehidupan di dunia.




Masyarakat dunia seharusnya sudah mulai beralih dari dari energi yang tak dapat diperbaharui misalnya "Batu bara, minyak bumi,dll kepada energi yang dapat diperbaharui dan lebih ramah lingkungan misalnya Air, udara, panas bumi,dll. Konversi "Peralihan" ini butuh waktu dan pastinya perlu penelitian yang berkelanjutan untuk mengembangkan energi yang baru dan terbarukan, sehingga kehidupan didunia dapat dilanjutkan sampai generasi yang berikutnya.
Dan setidaknya apa yang dapat kita lakukan adalah mulailah dari lingkup yang paling kecil yaitu diri sendiri dan keluarga, mulailah berhemat energi dan mulailah berbuat sesuatu untuk bumi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tuhan Sumber Energi Yang Tidak Pernah Habis

Pasti kita pernah merasa kecewa mungkin karena semua harapan yang kita inginkan tak urung terjadi. Atau juga kita pernah merasa sangat lelah dengan semua yang kita alami dalam hidup, semua terasa menjadi sangat berat. Sampai kita merasa apa yang kita alami dalam hidup kita melebihi kekuatan kita. Atau juga kita pernah merasa takut dan khawatir akan hal yang ada didepan kita, kita takut bahwa kita tak akan dapat melaluinya, karena kita merasa tidak cukup kuat untuk menjalaninya. Atau pernahkah kita merasakan seperti sudah kering dan sudah kehabisan tenaga, kehilangan motivasi, tak punya tujuan, tak bersemangat. Tahukah kita semua hal yang kita alami itu dikarenakan kita tidak memiliki energi yang cukup untuk terus tumbuh. Kita terlalu lelah "berjibaku" dan sangat fokus pada kesibukan dan aktivitas kita sampai "babak belur" tanpa memberi asupan "gizi" yang memadai untuk sumber energi kita. Kecenderungan manusia yang sudah jatuh ked

"Pengerukan" Bahan Bakar Fossil di Indonesia

Indonesia sangat populer sebagai negara yang memiliki banyak daerah penghasil minyak bumi yang sangat berlimpah. Indonesia memiliki 7 propinsi sebagai penghasil minyak bumi terbesar sehingga menduduki sebagai negara produsen migas tertinggi se-Asia Tenggara. Jumlah minyak bumi yang ditambang di Indonesia perharinya mencapai 915.798 barrel, jumlah ini sangat fantastis. Apa sajakah ke-7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia? Figure 1. Pemetaan penambangan minyak di Indonesia Inilah 7 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Indonesia Berikut adalah daftar 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia: 1.  Propinsi Riau Propinsi Riau merupakan propinsi tambang minyak bumi terbesar di Indonesia karena cadangan minyak bumi yang dipasok dari propinsi ini mencapai sepertiga dari jumlah pasokan minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 blok minyak bumi di propinsi ini yaitu mountain front kuantan, siak blok, selat panjang, rokan, coastal plains, dan Mala