Langsung ke konten utama

Cadangan Minyak Bumi Dunia

Dalam web nya British Petroleum atau "BP" melansir jumlah dari cadangan minyak yang terdapat diseluruh dunia.
Dari data mereka ada angka 1.700,1 miliar barel untuk cadangan diseluruh dunia tutup tahun 2015. Dimana sumbangan dari negara-negara opec berjumlah 71.6% dari cadangan yang disebutkan diatas tadi.

Distribusi cadangan minyak dapat dilihat pada grafik dibawah ini :




Figure 1. Grafik cadangan minyak dari negara-negara didunia

Figure 2. Chart distribusi cadangan minyak di seluruh dunia


Sumber dari data diatas adalah diambil dari "BP" British Petroleum. Berdasarkan grafik dan chart diatas dapat dijelaskan bahwa sumbu Tegak (+) adalah nilai yang mewakili dari sisa cadangan minyak yang nilainya dinyatakan dalam tahun, contohnya pada chart diatas untuk negara North America maka cadangan minyak di daerah tersebut akan habis dalam kurun waktu sekitas 40 tahun (<60 Tahun).

Nilai itu didapatkan dari perhitungan sebagai berikut:

Sisa cadangan minyak (R) = Jumlah cadangan minyak total (Liter)
                           Jumlah konsumsi minyak pada tahun terakhir (Liter)

Dari hasil perhitungan diatas maka nilai sisa cadangan adalah dinyatakan dalam durasi waktu remaining (R). Walaupun dalam ilmu statistika untuk mencari rata-rata dalam data yang nilai nya berbeda-beda tidak dapat dilakukan secara langsung (Total nilai data/"n" jumlah data). Namun karena data yang digunakan tidak jelas, maka kita coba dengan membagi rata nilai cadangan minyak tersebut untuk mendapatkan nilai durasi remaining cadangan minyak untuk memenuhi seluruh kebutuhan dunia.

North America : 40 tahun
S. & Cent.America : 120 tahun
Europe & Euroasia :20 tahun
Middle East : 75 tahun
Africa : 45 tahun
Asia Pasific : 15 tahun

Dengan membagi jumlah total dan jumlah data maka dapat dihasilkan nilai rata-rata dari data adalah sebagai berikut
R (Average) = (40+120+20+75+45+15)/6
R (Average) = 52.5 tahun

Cadangan minyak untuk memenuhi kebutuhan bumi akan habis sekitar 52.5 tahun lagi, dengan catatan nilai perilaku konsumsi minyak merupakan garis lurus yang artinya harus sama tiap tahun tanpa ada penambahan konsumsi yang berarti.

Hal ini menjadi perhatian dunia terutama badan-badan yang peduli akan keberlanjutan penggunaan energi di dunia, kita tidak mau kehidupan berhenti karena kita tidak siap menghadapi sumber energi yang semakin habis.
Mempersiapkan diri untuk berpindah dari penggunaan energi tak terbarukan menjadi energi terbarukan adalah salah satu cara yang harus sudah digagas dan dikerjakan mulai sekarang.

Dan hal kecil yang dapat kita lakukan adalah "Mulai lah berhemat" Hemat Energi. Karena Energi itu mahal, bukan harga nya tetapi nilai nya.






Sumber : British Petroleum "BP"


Komentar

  1. Dari tahun ke tahun cadangan minyak bumi semakin menurun sedangkan pemakaian semakin tinggi.
    Harus temukan energi alternatif teman.
    Yuk go green

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali pak, sudah saatnya kita fokus pada pengembangan energi baru terbarukan.

      Salam hijau

      Hapus
  2. Assalamu`alaikum .......Kalau bisa harus dihentikan, cari alternatif lain, ini sangat membahayakan bagi kelangsungan kehidupan dunia seluruhnya, kemungkinan banyak kalangan sudah banyak tahu, penurunan tanah permukaan bumi terus terjadi, selama ekplorasi terus berjalan, banjir akan semaikn paran setiap tahunya itu sudah pasti, karena permukaan tanah terus menurun, batu bara terus digali, perut bumi keropos, volume gas bumi terus berkurang( gas yang bertugas mengelembungkasn bumi menekan keluar) tekanan gas bumi menjadikan bumi dingin sejuk, tapi gas bumi akan habis bumipun peot end panasss, tidak punya kekuatan, batu bara dibakar terus menerus, bumi kehilangan bobotnya secara signifikan............. pokoknya bahaya , kalo toh semua itu alasanya ekonomi dan teknologi tapi orang pintar seharusnya mencari solusi lain, yang tidak merugikan generasi yang kan datang bahkan yang belum lahir......
    Wassalamu`alaikum...
    Salam Hijau......................

    BalasHapus

Posting Komentar

Berbagi Ilmu itu indah.. Salam hijau.

Postingan populer dari blog ini

Tuhan Sumber Energi Yang Tidak Pernah Habis

Pasti kita pernah merasa kecewa mungkin karena semua harapan yang kita inginkan tak urung terjadi. Atau juga kita pernah merasa sangat lelah dengan semua yang kita alami dalam hidup, semua terasa menjadi sangat berat. Sampai kita merasa apa yang kita alami dalam hidup kita melebihi kekuatan kita. Atau juga kita pernah merasa takut dan khawatir akan hal yang ada didepan kita, kita takut bahwa kita tak akan dapat melaluinya, karena kita merasa tidak cukup kuat untuk menjalaninya. Atau pernahkah kita merasakan seperti sudah kering dan sudah kehabisan tenaga, kehilangan motivasi, tak punya tujuan, tak bersemangat. Tahukah kita semua hal yang kita alami itu dikarenakan kita tidak memiliki energi yang cukup untuk terus tumbuh. Kita terlalu lelah "berjibaku" dan sangat fokus pada kesibukan dan aktivitas kita sampai "babak belur" tanpa memberi asupan "gizi" yang memadai untuk sumber energi kita. Kecenderungan manusia yang sudah jatuh ked

Konversi Energi

Pada pembahasan yang lalu kita sudah membahas tentang Energi dan jenis nya, dan pada kesempatan ini kita akan membaentang apa yang dimaksud dengan konversi energi. Jika kita berbicara mengenai pengertian konversi energi, kita harus paham terlebih dahulu apa itu energi dan apa itu konversi. Konversi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah peralihan fungsi. Hal ini yang mendasari bahwa konversi energi adalah peralihan manfaat energi satu ke energi yang lainya. Dalam hal ini konversi akan melibatkan beberapa peran energi untuk menghasilkan satu energi lain nya peristiwa peralihan ini biasa disebut dengan konversi energi. Untuk lebih memudahkan dalam memahami coba perhatikan gambar berikut ini: Figure 1. Skema pengoperasian PLTU Skema perjalanan pengoperasian PLTU dimulai dari bahan bakar Bahan bakar ===> Pembakaran dalam boiler ===> Panas Dalam proses ini terjadi peralihan fungsi atau perubahan wujud energi dari yaitu dari " Energi kimia" menjadi

"Pengerukan" Bahan Bakar Fossil di Indonesia

Indonesia sangat populer sebagai negara yang memiliki banyak daerah penghasil minyak bumi yang sangat berlimpah. Indonesia memiliki 7 propinsi sebagai penghasil minyak bumi terbesar sehingga menduduki sebagai negara produsen migas tertinggi se-Asia Tenggara. Jumlah minyak bumi yang ditambang di Indonesia perharinya mencapai 915.798 barrel, jumlah ini sangat fantastis. Apa sajakah ke-7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia? Figure 1. Pemetaan penambangan minyak di Indonesia Inilah 7 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Indonesia Berikut adalah daftar 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia: 1.  Propinsi Riau Propinsi Riau merupakan propinsi tambang minyak bumi terbesar di Indonesia karena cadangan minyak bumi yang dipasok dari propinsi ini mencapai sepertiga dari jumlah pasokan minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 blok minyak bumi di propinsi ini yaitu mountain front kuantan, siak blok, selat panjang, rokan, coastal plains, dan Mala