Langsung ke konten utama

Energi

Energi adalah suatu pemeberian yang dititipkan Tuhan kepada manusia melalui semua ciptaanNya, secara umum energi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Keyword (Usaha,Perubahan).


Definisi energi secara umum yaitu kata energi berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kerja yaitu ergon. Sedangkan menurut KKBI energi secara garis besarnya didefinisikan daya atau kekuatan yang akan diperlukan untuk dapat melakukan berbagai rangkaian proses kegiatan.


Berikut beberapa kutipan pengertian Energi dari beberapa tokoh :
1. Menurut Robert L. Wolke
Energi adalah kemampuan membuat sesuatu bisa terjadi.
2. Menurut Pardiyono
Energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh 
suatu benda.
3. Menurut Michael J, Moran
Energi adalah sesuatu konsep dasar termodinamika dan merupakan salah
satu aspek penting dalam analisis teknik.

Energi merupakan bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan “Hukum kekekalan energi”, tetapi dapat dirubah bentuknya. Energi juga disebut tenaga. Satuan energi menurut Satuan Internasional (SI) adalah joule (J). Sedangkan satuan energi lain yaitu erg, kalori, dan kWh. Energi bersifat fleksible, artinya dapat berpindah dan berubah. Energi dapat dibagi menjadi beberapa bagian besar diantaranya adalah :

Energi potensial (Potential energy): Adalah energi yang dihasilkan
akibat dari posisi benda tersebut biasanya akan dipengaruhi oleh : gaya
gravitasi bumi, Gaya listrik atau magnet, misalnya gerak jatuh benda dari
ketinggian tertentu, gerak panah ketika melesat jatuh ke bawah tanah

Energi kinetik (Kinetic energy): Adalah gaya yang yang dihasilkan karena benda bergerak, misalnya putaran roda sepeda, generator pada turbin pembangkit listrik,dll.

Energi elastis (Elastic energy): Adalah gaya yang berasal dari energi potensial karakteristik material suatu benda yang karena
mengalamikompresi atau regangan yang mengakibatkan benda mengalami perubahan bentuk dan volume, nilainya akan
sangat berpengaruh pada jenis material, misalnya: busur panah 

Energi kimia (Chemical energy): Energi yang tersimpan dalam bahan kimia, misalnya energi yang dilepaskan pada saat pembakaran bahan bakar, energi pada baterai aki, dll. 

Energi bunyi (Audio energy): Energi bunyi adalah energi yang ditimbulkan oleh benda yang mengeluarkan bunyi. Bunyi dihasilkan dari  getaran. Bunyi kuat dihasilkan dari getaran yang kuat. Frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh manusia berada pada range (20Hz-20.000Hz), dan untuk kuat bunyi biasanya digunakan dengan satuan desibel (db) 

Energi panas (Thermal energy): Energi panas adalah energi yang dimiliki oleh benda yang panas. Benda yang terbakar menghasilkan panas. Panas disebut juga kalor. Panas merupakan salah satu bentuk energi. Panas bumi adalah salah satu contoh energi panas panas yang tersimpan dalam bumi. 

Energi listrik (Electric energy): Energi listrik adalah energi yang tersimpan dalam benda yang bermuatan listrik. Energi yang dihasilkan oleh arus listrik mampu menjalankan motor listrik. Contohnya lampu listrik, kipas angin, seterika listrik, dan pompa air listrik. 

Energi cahaya (Light energy): Energi cahaya terdapat pada cahaya yang juga memiliki energi hal ini dapat dilihat jelas pada kapas yang diletakkan di bawah lensa cembung yang terkena sinar matahari dapat terbakar. Mengapa demikian? Karena cahaya matahari yang dikumpulkan oleh lensa cembung dapat memanaskan kapas sampai terbakar



Figure 1. Hubungan Energi potensial dan Energi kinetik

Figure 2. Energi elastis

Figure 3. Energi kimia

Figure 4: Energi bunyi

Figure 5. Energi panas bumi

Figure 6. Energi listrik

Figure 7. Energi cahaya






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tuhan Sumber Energi Yang Tidak Pernah Habis

Pasti kita pernah merasa kecewa mungkin karena semua harapan yang kita inginkan tak urung terjadi. Atau juga kita pernah merasa sangat lelah dengan semua yang kita alami dalam hidup, semua terasa menjadi sangat berat. Sampai kita merasa apa yang kita alami dalam hidup kita melebihi kekuatan kita. Atau juga kita pernah merasa takut dan khawatir akan hal yang ada didepan kita, kita takut bahwa kita tak akan dapat melaluinya, karena kita merasa tidak cukup kuat untuk menjalaninya. Atau pernahkah kita merasakan seperti sudah kering dan sudah kehabisan tenaga, kehilangan motivasi, tak punya tujuan, tak bersemangat. Tahukah kita semua hal yang kita alami itu dikarenakan kita tidak memiliki energi yang cukup untuk terus tumbuh. Kita terlalu lelah "berjibaku" dan sangat fokus pada kesibukan dan aktivitas kita sampai "babak belur" tanpa memberi asupan "gizi" yang memadai untuk sumber energi kita. Kecenderungan manusia yang sudah jatuh ked

Konversi Energi

Pada pembahasan yang lalu kita sudah membahas tentang Energi dan jenis nya, dan pada kesempatan ini kita akan membaentang apa yang dimaksud dengan konversi energi. Jika kita berbicara mengenai pengertian konversi energi, kita harus paham terlebih dahulu apa itu energi dan apa itu konversi. Konversi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah peralihan fungsi. Hal ini yang mendasari bahwa konversi energi adalah peralihan manfaat energi satu ke energi yang lainya. Dalam hal ini konversi akan melibatkan beberapa peran energi untuk menghasilkan satu energi lain nya peristiwa peralihan ini biasa disebut dengan konversi energi. Untuk lebih memudahkan dalam memahami coba perhatikan gambar berikut ini: Figure 1. Skema pengoperasian PLTU Skema perjalanan pengoperasian PLTU dimulai dari bahan bakar Bahan bakar ===> Pembakaran dalam boiler ===> Panas Dalam proses ini terjadi peralihan fungsi atau perubahan wujud energi dari yaitu dari " Energi kimia" menjadi

"Pengerukan" Bahan Bakar Fossil di Indonesia

Indonesia sangat populer sebagai negara yang memiliki banyak daerah penghasil minyak bumi yang sangat berlimpah. Indonesia memiliki 7 propinsi sebagai penghasil minyak bumi terbesar sehingga menduduki sebagai negara produsen migas tertinggi se-Asia Tenggara. Jumlah minyak bumi yang ditambang di Indonesia perharinya mencapai 915.798 barrel, jumlah ini sangat fantastis. Apa sajakah ke-7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia? Figure 1. Pemetaan penambangan minyak di Indonesia Inilah 7 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Indonesia Berikut adalah daftar 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia: 1.  Propinsi Riau Propinsi Riau merupakan propinsi tambang minyak bumi terbesar di Indonesia karena cadangan minyak bumi yang dipasok dari propinsi ini mencapai sepertiga dari jumlah pasokan minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 blok minyak bumi di propinsi ini yaitu mountain front kuantan, siak blok, selat panjang, rokan, coastal plains, dan Mala