Langsung ke konten utama

Pulau NIAS dan Pulau-Pulau kecil lain.. Ayo Gunakan Listrik Energi Surya

Masalah listrik adalah salah satu masalah yang akan dialami terkhusus daerah dengan pulau-pulau kecil, salah satunya adalah "NIAS". Hal ini dikarenakan sulitnya menjangkau daerah tersebut yang terpisah oleh laut (perairan).




Kecenderungan pembangkit besar pada umumnya akan dibangun didaerah pulau atau lokasi yang lebih besar dan akan disalurkan melalui jaringan transmisi. Namun ini yang menjadi tantangan didaerah pulau-pulau kecil, pembangunan pembangkit yang ada pada umumnya adalah PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) yang menggunakan bahan bakar solar. Artinya kita akan "dikendalikan" oleh harga minyak dunia yang sangat , terkendala pada "supply" bahan bakar minyak apalagi jika cuaca buruk, dan banyak kendala lainnya. Hal ini mengakibatkan banyaknya keluhan dari masyarakat terkait pemadaman bergilir yang kerap kali terjadi.




Namun melihat sisi lain dari daerah dengan pulau kecil yang dikelilingi oleh samudera atau lebih tepatnya daerah pesisir pantai dengan panas matahari yang cukup besar menjadi potensi tersendiri pulau nias untuk mengembangkan pembangkit listrik menggunakan energi surya. Seperti kita ketahui energi surya adalah salah satu dari kategori energi yang terbarukan yang ramah lingkungan.
Ada banyak keuntungan yang akan kita dapatkan dari penggunaan energi yang terbarukan ini diantaranya adalah :
1. Energi surya adalah energi yang ramah lingkungan
Sudah saatnya kita mulai melirik pada Energi terbarukan yang ramah lingkungan. Beralih dari bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama adalah langkah tepat mengingat cadangan minyak dunia yang semakin menipis.

2. Maintenance yang lebih mudah
Berbeda halnya dengan pembangkit yang menggunakan bahan bakar fossil memerlukan maintenance yang rutin dan biaya besar.

3. Tidak perlu bahan bakar, dan dapat selalu digunakan
Pengiriman bahan bakar yang terlambat tidak akan menjadi halangan karena bahan bakar tidak dibutuhkan dialat ini. Tidak bergantung pada "supply" bahan bakar, ketika baterai penuh listrik dapat langsung dipakai "simpel".

Dan masih banyak keuntungan lainnya yang dapat kita rasakan dari penggunaan pembangkit yang ramah lingkungan ini. Dan pertanyaan yang kemudian timbul adalah berapa perkiraan perhitungan untuk penggunaan PLTS sederhana ini..??,, saya akan coba jelaskan

1. Hitung pemakaian listrik dirumah

Awalnya kita harus tahu besar daya yang kita butuhkan didalam rumah selama satu hari penuh (24jam). Berikut estimasi dari saya;



Dari perhitungan diatas kebutuhan rumah tersebut adalah sekitar 3205 Wh. Dari sini kita akan coba hitung kebutuhan solar cell yang ada dipasaran.

2. Hitung kebutuhan solar cell yang dibutuhkan
Untuk solar cell kita akan beli yang ada pada umumnya dipasaran, untuk kali ini saya akan coba menggunakan solar cell yang 200wp (watt peak). Dengan acuan sumber daya yang sudah diketahui dan estimasi lama penyinaran efektif matahari 5 jam. Maka 1 solar cell dapat menghasilkan (5*200) = 1000w, karena kebutuhan listrik mencapai 3205 W maka kita membutuhkan ;
Jumlah panel surya = Daya butuh/daya panel => 3205/1000 ==> 3.2 Panel
Gunakan 4 panel. Dengan demikian 4 panel bernila ==> 4000 W

3. Hitung kebutuhan baterai
Jika kita menggunakan baterai dengan speifikasi 12V,100A maka satu baterai berdaya 1200W, untuk itu kita gunakan 3 baterai dengan daya total 3600 efisiensi dianggap 80-90%.


Setelah semua dihitung maka akan dirangkai seperti gambar berikut ini;


Lebih kurang sistem instalasinya akan terlihat seperti gambar diatas.

4. Hitung kebutuhan  biaya
Peralatan pendukung lainnya adalah konverter dan solar charger yang berfungsi sebagai charger. Asumsi nilai Isc (Short Circuit) nya adalah 7.5A maka solar charger yang kita butuhkan adalah: 
Jumlah panel surya * nilai Isc = 4*7.2A =30A


Dari data diatas biaya untuk menggunakan listrik dengan tenaga surya setidaknya diperlukan sekitar 16.3 juta rupiah. Nilai awal memang terlihat cukup besar namun keuntungan jangka panjangnya juga tidak kalah besar. Nilai masa pakai PLTS sederhana ini sampai 10 tahun, hal ini karena baterai yang digunakan dapat bertahan sampai 10 tahun dan bergaransi (performa baterai akan tetap maximal dalam 10 tahun pakai). Nilai modal awal yang besar diawal akan terbayar setelah penggunaan diatas 10 tahun (Perhitungan akan dilakukan dalam pembahasan lain). Dengan listrik ini kita tidak perlu repot untuk membayar tagihan ataupun terganggu karena mati listrik. Listrik dapat kita handle pribadi (Punya pembangkit sendiri hehe).

Perhitungan diatas adalah perhitungan kasar dan sederhana, jika ingin listrik dapat bertahan selama 3 hari full maka kita juga dapat menambahkan nilai daya yang digunakan dan yang lainnya menyesuaikan termasuk baterai dan panel.

Tulisan ini dibuat hanya untuk menjadi referensi teman-teman yang mulai melirik kearah energi baru terbarukan ini. Cepat atau lambat kita harus mengubah perilaku dalam menggunakan energi terutama fosil. Energi fosil yang sudah semakin menipis memaksa kita untuk menggunakan energi alternatif lain untuk bertahan dan energi matahari adalah salah satunya.
Terimakasih untuk perhatiannya.

Salam hijau

Komentar

  1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
    silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    lebih jelas Kunjungi blog
    klik-> PESUGIHAN TANPA TUBAL

    BalasHapus

Posting Komentar

Berbagi Ilmu itu indah.. Salam hijau.

Postingan populer dari blog ini

Tuhan Sumber Energi Yang Tidak Pernah Habis

Pasti kita pernah merasa kecewa mungkin karena semua harapan yang kita inginkan tak urung terjadi. Atau juga kita pernah merasa sangat lelah dengan semua yang kita alami dalam hidup, semua terasa menjadi sangat berat. Sampai kita merasa apa yang kita alami dalam hidup kita melebihi kekuatan kita. Atau juga kita pernah merasa takut dan khawatir akan hal yang ada didepan kita, kita takut bahwa kita tak akan dapat melaluinya, karena kita merasa tidak cukup kuat untuk menjalaninya. Atau pernahkah kita merasakan seperti sudah kering dan sudah kehabisan tenaga, kehilangan motivasi, tak punya tujuan, tak bersemangat. Tahukah kita semua hal yang kita alami itu dikarenakan kita tidak memiliki energi yang cukup untuk terus tumbuh. Kita terlalu lelah "berjibaku" dan sangat fokus pada kesibukan dan aktivitas kita sampai "babak belur" tanpa memberi asupan "gizi" yang memadai untuk sumber energi kita. Kecenderungan manusia yang sudah jatuh ked

Konversi Energi

Pada pembahasan yang lalu kita sudah membahas tentang Energi dan jenis nya, dan pada kesempatan ini kita akan membaentang apa yang dimaksud dengan konversi energi. Jika kita berbicara mengenai pengertian konversi energi, kita harus paham terlebih dahulu apa itu energi dan apa itu konversi. Konversi dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah peralihan fungsi. Hal ini yang mendasari bahwa konversi energi adalah peralihan manfaat energi satu ke energi yang lainya. Dalam hal ini konversi akan melibatkan beberapa peran energi untuk menghasilkan satu energi lain nya peristiwa peralihan ini biasa disebut dengan konversi energi. Untuk lebih memudahkan dalam memahami coba perhatikan gambar berikut ini: Figure 1. Skema pengoperasian PLTU Skema perjalanan pengoperasian PLTU dimulai dari bahan bakar Bahan bakar ===> Pembakaran dalam boiler ===> Panas Dalam proses ini terjadi peralihan fungsi atau perubahan wujud energi dari yaitu dari " Energi kimia" menjadi

"Pengerukan" Bahan Bakar Fossil di Indonesia

Indonesia sangat populer sebagai negara yang memiliki banyak daerah penghasil minyak bumi yang sangat berlimpah. Indonesia memiliki 7 propinsi sebagai penghasil minyak bumi terbesar sehingga menduduki sebagai negara produsen migas tertinggi se-Asia Tenggara. Jumlah minyak bumi yang ditambang di Indonesia perharinya mencapai 915.798 barrel, jumlah ini sangat fantastis. Apa sajakah ke-7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia? Figure 1. Pemetaan penambangan minyak di Indonesia Inilah 7 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar Indonesia Berikut adalah daftar 7 propinsi penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia: 1.  Propinsi Riau Propinsi Riau merupakan propinsi tambang minyak bumi terbesar di Indonesia karena cadangan minyak bumi yang dipasok dari propinsi ini mencapai sepertiga dari jumlah pasokan minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 blok minyak bumi di propinsi ini yaitu mountain front kuantan, siak blok, selat panjang, rokan, coastal plains, dan Mala